PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI YPHM (YAYASAN PENDIDIKAN HAMBATAN HIMPUNAN MAJEMUK) ANODIA TAHUN 2025

Authors

  • Mery Simanjuntak
  • Helprida Sihite
  • Adelima CR Simamora
  • Jefri Banjarnahor

Keywords:

Personan hygiene, siswa berkebutuhan khusus, sekolah luar biasa, edukasi interaktif

Abstract

Personal hygiene merupakan aspek mendasar dalam menjaga kesehatan individu yang mencakup kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungan sekitar. Bagi siswa berkebutuhan khusus, keterbatasan kognitif, motorik, maupun komunikasi sering menjadi hambatan dalam memahami dan mempraktikkan kebiasaan menjaga kebersihan diri secara mandiri. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan, dan gangguan pencernaan, sehingga diperlukan upaya sistematis untuk memberikan edukasi yang sesuai dengan karakteristik mereka. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personal hygiene pada siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa melalui pendekatan edukasi interaktif dan praktik langsung. Metode kegiatan meliputi koordinasi dengan pihak sekolah, penyusunan media pembelajaran sederhana (leaflet, poster, video), pelaksanaan pre-test, penyuluhan dengan media visual, simulasi langkah kebersihan diri (cuci tangan, gosok gigi, mandi, perawatan kuku dan rambut), pendampingan guru/orang tua, serta evaluasi melalui post-test dan observasi. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan signifikan skor pengetahuan siswa, tersusunnya buku saku panduan kebersihan diri, dan terbentuknya kebiasaan hidup bersih yang mendukung kesehatan serta kemandirian anak. Kegiatan ini juga diharapkan memperkuat peran guru dan orang tua dalam pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa berkebutuhan khusus.

 

Published

2025-09-27