FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI RUANG RAWAT INAP RSUD DOLOKSANGGUL KECAMATAN DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
Keywords:
Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan, Kearifan LokalAbstract
Latar Belakang: Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap baik di Indonesia maupun di Negara berkembang lainya saat ini masih menjadi masalah Data di Rumah Sakit salah satu Negara ASEAN pada tahun 2016 didapatkan bahwa kepuasan pasien 79% sedangkan standart yang ditetapkan kepuasan pasien >80 dengan angka komplain 4-5 kasus/blan Standart pelayanan minimal rumah sakit, kepuasan pasien rawat inap di Indonesia >90%. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan pendekatan survey analitik dengan desain cross-sectional. Populasi sebanyak 30 responden, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan bahasa terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan uji square dengan tingkat kepercayaan 95%(a=0,05) dan df= 2 diperoleh square hitung 12.973 > 5,591. Ada hubungan Holong/Kasih Sayang terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan uji square dengan tingkat kepercayaan 95%(a=0,05) dan df= 1 diperoleh square hitung 30.000 > 3.841 . Ada hubungan Dalihan natolu terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan uji square dengan tingkat kepercayaan 95%(a=0,05) dan df= 2 diperoleh square hitung 30.000 > 5,591. Diharapkan bagi responden agar lebih memperhatikan tindakan Keperawatan dan diharapkan juga mempercayai tindakan Keperawatan yang diberikan. Diharapkan bagi petugas kesehatan agar lebih memperhatikan kenyamanan pasien dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan menjaga privasi pasien.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kino Siboro, Dewi AL Hutagaol, Crisna Lumban Gaol, Dewi Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


